5 Stadion Pertama di Dunia

Pakarbola.net – Jika mengaku gila bola, kalian harus tahu 5 Stadion Pertama di Dunia. Supaya tidak lupa tentang sejarah dunia dahulu.

Stadion bola sekarang sudah begitu banyak jumlahnya. Hadir dengan berbagai model atsitrktur yang indah dan mengundang decak kagum. Namun di samping itu, dari banyaknya stadion yang ada, siapakah yang pertama?

 

Di sini akan disebutkan 5 stadion pertama yang berdiri di planet bumi tercinta ini.

 

  1. Celtic Park

Berada di kota Galsglow, stadion ini sudah ada sejak tahun 1892. Dikenal pula dngan stadion paling tua. Mengingat Celtic Park merupakan stadion pertama di dunia.

Stadion ini mampu memuat 60.832 penonton, jumlah yang sangat banyak jika diingat ini adalah stadion pertama dan tertua.

 

  1. St Jame’s Park

Yang kedua ada stadion dari kota Newcastle upon Tyne. Sudah ada sejak tahun 1892. Tahun berdirinya sama dengan stadion Celtic Park. Meski demikian, ada perbedaan di antara mereka. Seperti kapasitas tiap-tiap stadion bisa memuat penonton berapa. Jika St Jame’s Park, hanya bisa memuat 52.389.

 

  1. Anfield

Dari liga Inggris dengan klub Liverpool, ada stadion bernama Anfield. Bangun pada tahun 1884. Stadion ini terletak di kota Liverpool, dengan kapasitas 54. 167, yang artinya lebih banyak dibanding St Jame’s Park. Meski begitu, stadion ini hanya mampu menduduki posisi ketiga dari 5 Stadion Pertama di Dunia.

 

  1. Cappielow Park

Berikutnya dari liga Skotlandia. Dari kota Greenock telah berdiri pada tahun 1879. Stadion ini dapat menampung 11.612 penonton.

 

  1. Stamfort Bridge

Berdiri pada tahun 1877. Stamfort Bridge merupakan stadion pertama di urutan nomor lima. Kapasitas dari stadion tersebut adalah 41.841. Stadion ini berada di kota London, liga Inggris.

Telah mendapat renovasi dari tahun 1904-1905, dan 1990-an.

 

Di atas adalah 5 Stadion Pertama di Dunia. Selain pertama, mereka juga stadion tertua di dunia. Sejarah bagi mereka yang menyukai bola, yang sayang untuk dilewatkan.

Sayangnya, Indonesia belum masuk bagian. Di Indonesia belum ada  stadion-stadion seperti di zaman-zaman mereka.