5 Suporter Sepak Bola Indonesia Jumlah Paling Besar

Pakarbola.net – Tanpa suporter, sepak bola terasa ada yang kurang. Karena jika tidak ada suporter, dari mana semangat itu timbul? Berikut ini Suporter Sepak Bola Indonesia Jumlah Paling Besar yang tentunya kehadiran mereka membuat semangat para pemain.

 

Kehadiran mereka begitu penting untuk kelangsungan pertandingan. Teriakan-teriakan mereka begitu ditunggu-tunggu oleh pemain yang berjuang di lapangan. Tanpa mereka, lapangan benar-benar akan terasa sepi.

 

Dan inilah suporter-suporter tersebut :

 

  1. Viking

Merupakan suporter paling besar di posisi pertama. Viking adalah sebutan dari pendukung persib. Awalnya viking ini cuma terdiri dari beberapa orang saja. Namun sekarang, malah menjadi suporter dengan jumlah terbesar. Viking sudah dikenal tak hanya di Indonesia, Asia pun sudah mengenal si Viking ini.

 

  1. Aremania

Sebutan untuk suporter Arema Malang ini memiliki pendukung yang begitu setia. Tak cuma setia, jumlah mereka pun sangat besar. Mereka tak peduli team yang didukung menang atau kalah. Yang penting mereka ada, saat Arema ada. Alias, mengikuti ke manapun Arema bertanding dan memberikan mereka semangat lewat teriakan mereka dan kehadiran mereka di kursi stadion.

 

  1. Bonek

Suporter dari persebaya ini dikenal dengan sikap anarkisnya dan radikal. Oleh karena suporter ini pernah melakukan perkelahian kepada tim lawan. Bonek menduduki posisi ketiga dari 5 Suporter Sepak Bola Indonesia Jumlah Paling Besar.

 

  1. The Jakmania

Supoter persija tersebut terbentuk pada 19 Desember 1997. Suporter ini terbentuk berawal dari ide manajer persija saat itu yang bernama Rasyid Ali. Dan ide tersebut lantas disetujui oleh gubernur DKI Jakarta pada masanya.

Jika ingin menjadi anggota The Jakmania, kalian bisa mendaftar.

 

  1. Pusamania

Di bangku para penonton, akan menjadi mencolok saat suporter satu ini hadir di lapangan mendukung tim jagoannya yaitu persisam samarinda. Kenapa? Karena suporter ini identik dengan warna jingga yang cerah.

 

Suporter-suporter tersebut memiliki jagoan masing-masing.

Jumlah mereka yang banyak membuktikan betapa kuat rasa cinta mereka.

 

Alangkah baiknya, tiap suporter tidak saling bermusuhan. Mereka harus sportif menerima jika sewaktu-waktu jagoan mereka kalah. Tidak boleh berperang atau berkelahi. Jangan menjadi suporter yang radikal atau anarkis.

Karena hal seperti itu tidak disukai oleh para pemain kesebelasan.

 

Itulah 5 Suporter Sepak Bola Indonesia Jumlah Paling Besar.