Afrika Gagal loloskan Wakil di 16 Besar Piala Dunia, Ini Komentar Drogba

Pakarbola.net – Kompetisi Piala Dunia saat ini telah menyelesaikan fase group dimana negara yang berhasil menjadi juara dan runner up grup, dipastikan akan melangkah ke babak 16 besar atau memasuki sistem gugur (knock out).

Sayangnya, dari ke-16 tim yang lolos ke babak knock-out, tak ada satu tim pun yang berasal dari benua Afrika. Dengaan kata lain, semua perwakilan benua Afrika di Piala Dunia 2018 di Rusia gaagal lolos ke babak 16 besar.

Di babak 32 besar Piala Dunia (fase grup) sebenarnya Afrika diwakili oleh lima negara di Piala Dunia, yakni Tunisia, Nigeria, Maroko, Senegal, dan Mesir. Sayangnya tak ada satupun dari negara tersebut yang berhasil lolos ke sistem gugur.

Tunisia, Nigeria dan Senegal hanya mampu mengakhiri fase group dengan mendiuduki peringkat ketiga. Sedangkan Maroko dan Mesir justru meraih hasil yang lebih buruk dengan dengan berada di peringkat juru kunci grup tanpa sekalipun meraih kemenangan.

Terkait dengan hasil ini, salah seorang legenda sepak bola dari Pantai Gading, yakni Didier Drogba memberikan tanggapannya. Menurutnya, kegagalan yang diraih negara Afrika dalam ajang Piala Dunia 2018 menunjukan bahwa sepak bola di Afrika tengah mengalami kemunduran.

Hal ini tentunya perlu segera  diatasi supaya negara Afrika kembali meraih kejayaannya dalam cabang olehraga sepak bola.

“Ini adalah sebuah kemunduran yang besar. Apa yang akan wakil Afrika lakukan di Piala Dunia selanjutnya? Kami punya potensi, kami punya uang untuk mengembangkan banyak hal, tapi kami butuh lebih dari itu,” papar Drogba dilansir BBC Sport, Jum’at (29/6/2018) waktu setempat.

“Kami wajib menyamai konsistensi dan level permainan tim-tim dari Eropa dan Amerika Latin. Saya juga berpikir ini menjadi kesempatan untuk semua tim Afrika agar mempertimbangkan kembali strategi supaya bisa melangkah lebih maju,” tambahnya.

“Kami bisa berhasil di masa depan. Tapi, kami harus berpikir kembali bagaimana caranya untuk bisa bersaing di kompetisi sebesar ini (Piala Dunia),” pungkas Drogba.