Didepak Persib, Ini Komentar Essien

Pakarbola.net – Di awal bergulirnya musim 2017, Persib bandung berhasil mengejutkan pecinta sepak bola Indonesia dengan menghadirkan salah seorang pesepak bola dunia, yang sempat bergabung dengan Chelsea dan Real Madrid, yakni Michael Essien. Pemain bersangkutan sempat penjadi pemain termahal di Indonesia, dan diharapkan memberikan kontribusi yang positif bagi klub tersebut.

Sayangnya, apa yang diharapkan oleh pihak Persib nyatanyaa tak terwujud. Pemain bersangkutan kurang begitu berkembang ketika bergabung dengan Persib. Hal inilah yang akhirnya membuat Persib mencoret namanya dalam daftar pemain mereka dalam kompetisi Liga 1 musim ini.

Dengan kenyataan tersebut, akhirnya Essien memberikan tanggapannya. Menurutnya, berkompetisi di Indonesia ternyata ia tak menyangka bahwa berkarir di Indonesia akan sesulit ini.

Tak hanya itu, Essien juga menyampaikan bahwa menurutnya sepak bola menjadi olah raga yang paling di cintai oleh masyarakaat Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari penuhnya stadion-stadion dengan suporter dalam setiap laga dalam kompetisi Liga 1. Hal tersebut ternyata menjadi pengaalaaman cukup indah bagi kariernya.

“Saya merasa cukup menikmati musim pertama saya di sana (kompetisi Indonesia). Itu bukan tempat yang mudah (untuk berkarier), dan bahkan lebih sulit dari yang saya bayangkan sebelumnya,” ucap Essien, seperti dikutip dari Ghana Soccernet, Rabu (28/3/2018).

“Segala sesuatunya berjalan berbeda di sini, tidak bisa dibandingkan sama sekali dengan di Eropa. Kami melakukan perjalanan jauh untuk melakoni sebuah pertandingan. Itu tidak mudah, tapi mereka (penggemar sepakbola di Indonesia) sangat fanatik,” sambungnya.

“Bahkan hampir pada setiap pertandingan, saya menyaksikan stadion selalu penuh. Mereka benar-benar sangat berisik, dan itu membuat saya cukup menikmati perjalanan karier saya di sana,” tuntas pemain berusia 35 tahun tersebut.

Disisi lain, sebagai pengganti Essien, klub yang saat ini dilatih oleh Mario Gomez tersebut akhirnya merekrut Jonathan Bauman. Meski demikian, Essiens mengaku puas dengan karier singkatnya ketika berada di Indonesia.