Ilkay Guendogan Sebut Sikap Suporter Jerman Sangat Berlebihan

Pakarbola.net – Ilkay Guendogan, salah seorang punggawa Timnas Jerman menyampaikan bahwa ia  merasa miris terhadap sikap yang ditunjukan para suporter Timnas Jerman terhadap foto nya bersama residen Turki Recep Tayyip Erdogan.

Lebih dari itu, Guendogan menyampaikan bahwa apa yang dilakukan para suporter dalam menanggapi foto tersebut terlalu berlebihan. Bahkan, pemain tersebut menyampaikan bahwa respon tersebut telah memberikan tekanan yang sangat besar kepadanya.

“Beberapa reaksi yang muncul benar-benar memukulku. Terutama hinaan-hinaan personal. Aku paham bahwa mereka menilai hal yang kulakukan tidaklah bagus,” kata Guendogan, Selasa (5/6/2018).

Sebenarnya, menurut pengakuan dari sang pemain, foto tersebut hanyalah sekedar wujud saling menghormati antara dirinya dan Erdogan. Hal ini sangat jauh dari yang dituduhkan oleh sebagian suporter Timnas Jerman yang menyebutkan bahwa ada unsur politik dibalik foto antarakeduanya.

“Karena akar Turki yang ada, kami masih memiliki ikatan kuat dengan Turki. Namun, itu berarti bahwa kami mengatakan Tuan (Frank-Walter) Steinmeier bukan presiden kami dan Nyonya (Angela) Merkel bukan kanselir kami. Itu sama sekali bukan sebuah pernyataan politik!” tandas pemain berumur 27 tahun itu.

Terlepas dari itu semua, Guendogan mengaku bahwa tuduhan yang dilakukan oleh berbagai pihak kepadanya sangat mengganggudan merusak konsentrasinya tiap kali melakoni sebuah laga.

“Aku sudah terbiasa disiuli para fans lawan. Namun, ketika disiuali fans tim sendiri, itu sungguh sulit diterima. Kita lihat saja bagaimana nanti di Leverkusen (saat lawan Arab Saudi),” keluh dia.