Kekecewan Conte Dengan Wasit dan Penggunaan VAR

Pakarbola.net – Menghadapi pertandingan ulang putaran ketiga Piala FA, Chelsea berhasil meraih kemenangaan damatis atas Norwich City. Sempat meraih hasil imbang di waktu normal, akhirnya Chelsea lolos ke putaran ke empat setelah memenangkan adu penalti dengan skor 5-2.

Sayangnya, pertandingan tersebut penuh dengan perdebatan. Bermula akibat insiden pemberian kartu kuning kepada Willian yang di sebut wasit telah melakukan diving di kotak penalti. Dalam kejadian tersebut, wasit yang bertugas mengamati video siaran ulang (VAR) menganggaap bahwa yang dilakukan oleh wasit Graham Scott telah tepat. Hal ini membuat mereka tak melanjutkan peninjauan terkait dengan kejadian tersebut.

Selanjutnya perdebatan kembali terjadi di penghujung babak kedua, dimana saat itu Morata melakukan protes keras terhadap wasit karena dituduh telah melakukan diving dan diberikan kartu kuning. Protes keras ini berimbas dengan diberikannya kartu kuning kedua bagi pemain tersebut dan mengakibatkan Morata harus angkat kaki dari lapangan karena mendapatkan kartu merah.

Ketika pertandingan tersebut berakhir, sang juru taktik dari Chelsea, Antonio Conte menyampaikan bahwa ia menyayangkan cara penggunaan teknologi VAR, yang diterapkan dalam pertandingan tersebut.

Menurutnya, seharusnya ketika insiden yang melibatkan Willian, wasit perlu melakukan pemutaran ulang melalui teknologi yang memang sedang di uji coba tersebut. Namun kenyataannya wwasit justru mengambil keputusan secara langsung.

“Kita perlu lebih baik lagi jika ingin menggunakan sistem baru. Di laga ini ada situasi yang sangat jelas, yakni pada Willian di babak tambahan. Saya menyaksikannya dan itu adalah penalti,” kata Conte seperti dikutip dari Mirror.

“Wasit mengambil keputusan cepat untuk mengganjar kartu kuning ke Willian. Jika Anda melakukan itu dengan cepat, itu berarti Anda tidak ragu.”

“Jika ingin memperbaiki sistem ini Anda harus menunggu untuk mengecek bersama orang yang sedang memantau VAR. Setidaknya Anda (yang menonton) pasti punya keraguan, karena ada ganjalan ke Willian. Mungkin itu bukan penalti, tapi lebih baik jika wasit pergi melihat VAR.

“Di Italia sebelum menggunakan sistem baru ini (VAR), mereka mencoba, mencoba, mencoba, Anda harus menemukan solusi terbaik. Ini tidak begitu.” tegas Conte.