Kritik serta Cemoohan Terhadap Guendogan dan Oezil Diharapkan Segera Dihentikan

Pakarbola.net – Jelang bergulirnya ajang Piala Dunia 2018, dua punggawa Timnas Jerman, yakni Ilkay Guendogan serta Mesut Oezil mendapat banyak kritikan setelah kedua pemain tersebut melakukan foto bersama Recep Tayyip Erdogan yang merupakan Presiden Turki.

Banyak suporter yang memberikan sindiran terhadap Guendogan maupu Oezil dengan cara terus memberikan siulan ketika kedua pemain tersebut tengah menguasai bola saat melakoni laga uji coba beberapa waktu yang lalu.

Tentunya, hal ini membuat keduanya merasa terganggu dan mengaku tertekan dengan siulan yang notabene diberikan oleh suporter dari negaranya sendiri. Terkait dengan hal ini, Angela Merkel, yang notabene merupakan Kanselir Jerman memberikan tanggapannya.

Angela Merkel menilai bahwa perlakuan yang dilakukan para suporter tersebut sudah keterlaluan. Padahal, disisi lain baik Oezil maupun Guendogan telah memberikan penjelasan terkait dengan foto tersebut. Untuk itu, ia berharap supaya para suporter menghentikan perilaku tersebut.

“Saya pikir kedua pemain itu tak menduga akibat dari foto dengan Presiden Erdogan itu,” ungkap Merkel, Minggu (10/6/2018), kepada ARD seperti dikutip dari Sport1.

Beberapa waktu lalu, Guendogan menyampaikan bahwa dirinya masih sangat ingin tuntuk bisa memperkuat Timnas Jerman dalam ajang Piala Dunia tahun ini. Sontak pernyataan ini menyentuh hati kanselir Jerman.

“Saya akan sangat senang bila para fans juga memberikan tepuk tangan,” tambah Merkel.

Disisi lain, seorang mantan pesepak bola yang sempat memperkuat Timnas Jerman, yakni Christian Ziege,  sangat heran dengan apa yang dilakukan suporter Timnas Jerman terhada dua pemainnya tersebut. Lebih dari itu, pria tersebut menyampaikan bahwa yang dilakukan Timnas Jerman justru dapat membuat kerugian tersendiri bagi Jerman di Piala Dunia.

“Bila situasinya terus seperti saat ini, akan ada masalah karena kemungkinan kedua pemain itu tak bisa dimainkan. Artinya, Anda datang ke Piala Dunia dengan jumlah pemain berkurang dua,” jelas Ziege.