Kunci Sukses Barca Menurut Jordi Alba

Pakarbola.net – Nampaknya, Barcelona pantas untuk disebut sebagai tim yang paling impresif di musim ini. Bagaimana tidak, klub yang diasuh oleh Ernesto Valverde ini sejak awal musim belum sekalipun mengalami kekalahan dari semua turnamen yang mereka jalani. Hal ini tentunya membuat klub tersebut sangat berpluang untuk meraih juara dalam semua kompetisi tersebut.

Hasil terburuk dalam pertandingan yang dilakoni Barcelona di musim ini, hanyalah hasil imbang yang mana baru mereka alami sebanyak enam kali. Hasil ini tentunya mengukuhkan bahwa klub tersebut merupakan salah satu klub terbaik di kawasan Eropa.

Kekalahan terakhir yang di alami oleh Barcelona mereka dapatkan ketika skuad blaugrana harus menyerah atas Real madrid dengan sskor 0-2 dalam kompetisi Piala Super Spanyol. Tetapi hal ini nampaknya telah mereka balaskan dalam turnamen La Liga, dimana Barca telah mengalahkan Real Madrid di Santiago Bernabeu dengan kemenangan telak 3-0.

Lalu apa sebenarnya rahasia kesuksesan Barca di musim ini?

Menjawab pertanyaan tersebut, salah satu peunggawa mereka, Jordi Alba menuturkan bahwa skuadnya selalu berusaha untuk terus menjalin kerja sama tim yang baik. Selain itu dibandingkan dengan musim lalu, skuad Barca di mussim ini juga ia nilai lebih merata.

Sebagai contoh ialah pada lini pertahanan. Di musim lalu, diakuinya lini pertahanan dari Barca di musim lalu sangat lemah, jadi meskipun lini serang Barca di musim lalu juga kuat, namun karena lini bertahannya lemah, jadi Barca kerap kali harus kebobolan dari lawan-lawannya.

“Rahasia sukses kami adalah kerja tim. Semua orang terlibat sebagai sebuah kesatuan dalam hal pertahanan kami, pressing yang kami lakukan, dan dalam hal memenangkan bola kembali, sementara para striker kami bisa membuat perbedaan di lini depan,”  beber Alba, menukil dari Football Espana, Selasa (15/1/2018).

Laga terakhir, Barca berhasil meraih kemenangan di markas Real Sociedad. Kemenangan tersebut tentunya sangaat spesial bagi Barca karena mereka terakhir kali menang atas Real Sociedad di kandangnya terjadi pada sebelas tahun yang lalu.

“Anoeta adalah lapangan, yang mana kami sering mendapat banyak kesulitan. Jadi bisa meraih kemenangan di Anoeta merepresentasikan tiga poin yang sangat penting di tempat di mana kami sebelumnya menderita,”  tuntas Alba.