Messi Beri Kritikan Pada Klubnya

Pakarbola.net – Lionel Messi, mega bintang Barcelona memberikan kritikan terhadap klubnya sendiri. Kritikan tersebut disampaikannya karena akhir-akhir ini Barca tak lagi mengutamakan pemain-pemain lulusan akademinya sendiri. Atas hal ini, klub tersebut dinilai Messi telah kehilangan identitasnya.

Sebelumnya, Barcelona sering kali merekrut pemain-pemain jebolan La Masia (akademi sepak bola Barcelona) untuk memperkuat skuad Blaugrana. Namun, sayangnya akhir-akhir ini hal tersebut jarang sekali mereka lakukan.

Saat ini, Barcelona lebih sering merekrut pemain-pemain dari klub lain yang dinilainya memiliki kualitas baik, serta dianggap telah memiliki pengalaman dibanding harus mengambil pemain jebolan dari akademi tersebut yang dinilai masih perlu ditempa karena dianggap belum memiliki pengalaman.

“Filosofi kami adalah mengembangkan pemain muda dari La Masia. Sejak era Pep Guardiola, banyak pemain akademi yang diberi kesempatan. Namun belakangan hal itu mulai ditinggalkan,” kata Messi dilansir dari AS.

Meski bukan asli Spanyol, Messi menjadi salah satu bintang yang terlahir dari akademi La Masia. Selama menjadi punggawa Barcelona, Messi telah berhasil mengantarkan klubnya meraih gelar-gelar Prestisius sepert halnya La Liga Spanyol dan Liga Champions. Selain itu, pemain bersangkutan juga berhasil meraih penghargaan ballon d’Or sebanyak lima kali dalam kariernya.

Messi juga menyampaikan, bahwa pemain yang merupakan jebolan La Masia memiliki kelebihan akan lebih mudah melakukan adaptasi bersama klub tersebut dibandingkan dengan pemain yang bergabung Barca dengan mendatangkan atau membelinya dari klub lain.

“Kadang ada pemain yang datang dari luar La Masia dan mengalami kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain Barcelona. Kelihatannya mudah, tapi tidak begitu sebenarnya,” ujar Messi.

“Kami dibesarkan dengan gaya ini dan telah terbiasa dalam waktu yang lama memainkan permainan Barcelona,” tutur dia.