Italy v Spain - EURO 2016 - Round of 16

Pakarbola.net – Alessandro Costacurta, selaku wakil komisaris FIGC menyampaikan bahwa Antonio Conte, pelatih yang saat ini tengah menangani Chelsea menjadi salah satu kandidat utama untuk mengisi bangku kepelatihan Timnas Italia.

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini Timnas Italia memang tengah mengalami kekosongan dalam posisi pelatih. Hal ini terjadi usai pemecatan Giampiero Ventura dari bangku kepelatihan Timnas Italia usai pelatih bersangkutan mengalami kegagalan dalam meloloskan Timnas Italia dalam putaran final Piala Dunia 2018 yang dihelat di Russia.

“Di antara kandidat potensial, dia akan menjadi yang terbaik bagi saya. Saya pasti akan berbicara dengannya dalam beberapa bulan (ke depan),” ungkap Costacurta, mengutip dari Soccerway, Rabu (28/2/2018).

Di sisi lain, saat ini masa depan Conte bersama Chelsea juga baanyak dipertanyakan. Terlebih, beberapa waktu terakhir Chelsea meraih hasil yang kurang maksimal yang akhirnya membuat peringkatnya dalam kompetisi liga Inggris kian merosot. Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini Chelsea terlempar dari zona Liga Champions pada klasemen Liga Inggris karena mereka saat ini tercecer di peringkat lima.

“Conte sudah menunjukkan dia bisa menjadi pelatih tim nasional. Kami melihat itu di Piala Eropa. Kandidat lainnya belum. Tapi itu tidak berarti saya tidak akan senang dengan (Roberto) Mancini atau (Carlo) Ancelotti, meskipun Ancelotti tampaknya menjadi pertimbangan diri saya sendiri,” tambahnya.

Sebelumnya, Conte memang pernah melatih Timnas Italia. Pelatih bersangkutan sempat menangani Timnas Italia pada tahun 2016. Kala itu ia berhasil mengantarkan Italia mencapai babak perempatfinal Piala Eropa.

Lalu kenapa mereka taak menunjuk Gennaro Gattuso (pelatih Milan) yang saat ini berhasil membangkitkan penampilan dari klub tersebut?

Ternyata, alasan mereka tak melirik Gattuso adalah karena mereka ingin mencari pelatih yang benar-benar memiliki pengalaaman dalam menangani Tmnas Italia.

“Saya akan memberitahu Anda secara langsung. Gatusso, tidak. Saya tidak akan menghubungi dia. Itu akan terlalu cepat. Saya yakin dia akan menjadi pelatih Tim Nasional dalam beberapa tahun karena dia memiliki segalanya. Karakter dan determinasi,” lanjutnya.

“Tapi, saya sangat menyukainya. Memilih dia akan menyakitinya, saya mencari pelatih yang telah mengembangkan lebih banyak pengetahuan atau pengalaman tentang ruang istirahat di tingkat tertinggi,” pungkasnya.