Terkait Dengan Isu Rasisme di Piala Dunia, Gareth Southgate Imbau Inggris Tak Ikut Campur

Pakarbola.net – Gareth Southgate, Pelatih Timnas Inggris memberi saran kepada negaranya untuk lebih berkaca sebelum ikut campur terkait dalam hal rasisme dalam pergelaran Piala Dunia Rusia 2018. Hal ini dikarenakan pelatih bersangkutan menyadari bahwa rasisme merupakan hal yang cukup sensitif.

Menjelang bergulirnya kompetisi Piala Dunia Rusia 2018 ini, isu terkait dengan rasisnme kembali berhembus. Hal ini bermula dengan adanya nyanyian kasar yang berbumbu rasisme dari Spartak Moskow  terhadap Lokomotiv Moskow. Terkait dengan hal ini, Gareth Southgate berharap Inggris tak ikut campur kedalam masalah ini.

“Dalam hal apa pun yang terjadi di lapangan, ada pedoman FIFA yag jelas untuk bagaimana Anda harus melaporkan insiden. Tapi saya rasa kami tidak seharusnya membicarakan tentang rasisme di Rusia. Masih ada hal-hal yang terjadi di negara kami sendiri yang tidak benar,” ungkap Southgate, mengutip dari Soccerway, Sabtu (24/3/2018).

“Kami terus menuding Rusia, di mana kami akan menjadi tamu dalam beberapa bulan ke depan. Tapi kami belum menyelesaikan masalah di negara kami sendiri, dan sampai kami melakukannya kami harus berhenti menembak ke tempat lain,” tambah pelatih berusia 47 tahun itu.

Terlepas dari isu tersebut, Dalam ajang 4 tahunan ini Timnas Inggris menjadi salah satu skuad yang patut diwaspadai, bahkan menjadi salah satu kandidat juara. Hal ini dapat terlihat sejak babak kualifikasi yang dihelat tahun lalu dimana mereka berhasil meraih hasil yang sempurna.

Dalam kompetisi nanti, Inggris tergabung di dalam grup G. Mereka tergabung bersama beberapa klub seperti Belgia, Tunisia, dan Panama. Melihat Lawan satu Grupnya, tentunya bukan mudah bagi Timnas Inggris untuk melangkah ke babak knock out nanti.

Timnas Inggris sendiri dalam kompetisi Piala Dunia nanti akan diperkuat oleh Harry Kane, penyerang haus gol yang saat ini tergabung bersama Tottenham Hotspur. Kane sendiri merupakan pemain yang kerap kali mencatatkan namanya sebagai salah satu dari pencetak gol terbanyak dalam ajang Liga inggris.