28

Pakarbola.net – Tidak hanya pemain saja, sosok pelatih juga sangat menentukan sukses atau tidaknya sebuah tim pada ajang sepak bola. Banyak tim yang sukses karena adanya sentuhan dari pelatih yang mereka miliki.

Lima pelatih paling fenomenal tersebut mulai dari Jurgen Klopp, Rudi Garcia, Carlo Ancelotti, Walter Smith dan Louis Van Gaal. Kelima pelatih ini pantas disebut terbaik sepanjang masa.

Jurgen Klopp

Jurgen Klopp merupakan sosok pelatih sepak bola yang dapat membawa timnya berjaya dan meraih kemenangan tanpa perhitungan. Pada dua musim berturut-turut Klopp membawa Borussia Dortmund menjuarai Bundeshliga Jerman tahun 2010/2011 dan pada tahun 2011/2012.

Rudi Garcia

Sedangkan Rudi Garcia mampu membawa timnya ke antah brantah Lille dan menjuarai Liga Perancis ditahun 2010/2011. Dia merupakan pelatih sepak bola yang hebat dan mampu menggali kemampuan atau kekuatan dari timnya yang kemudian melahirkan kesuksesan yang besar.

Carlo Ancelotti

Pelatih AC Milan bernama Carlo Ancelotti sudah sukses di Eropa dalam 6 tahun karirnya. Pelatih ini merupakan mantan gelandang andalan Milan yang melatih  I Rossoneri periode 2001 sampai dengan 2007. Prestasi yang diraih oleh Ancelotti dengan membawa AC Milan mendapatkan 2 kali juara dalam Liga Champions 2003 dan 2006.

Pelatih Anceloti ini juga disebut sebagai perintis formasi pohon cemara. Tapi Ancelotti juga mendapatkan gelarnya lagi di Liga Champions saat melatih Real Madrid.

Jose Mourinho

Pelatih nomer 4 berikutnya merupakan pelatih yang bernama Jose Mourinho yang memiliki sifat baik yang dingin. Mourinho juga merupakan pelatih yang sangat berkelas. Prestasi terbaik didapatkan Mourinho pada Inter Milan dan Liga Italia dengan meraih trible winners. Mourinho juga memenangkan tiga gelar dalam sekaligus.

Josep Guardiola

Pelatih terakhir yaitu Josep Guardiola yang merupakan pelatih sukses pada era modern ini.

Guardiola sukses melatih dan membawa tim Barcelona memenangkan 6 gelar dalam sekaligus. Bersama dengan Barcelona Guardiola memenangkan juga 2 gelar Liga Champions. Saat bersama Bayern Munchen juga sukses memenangkan 3 gelar liga. Sedangkan pada musim depan Guardiola akan melatih Manchester City.