26

Pakarbola.net – Setiap klub sepak bola tentunya memiliki sosok yang berhasil membawa kejayaan bagi klub tersebut. Baik persembahan trofi, permainan apik dan loyalitas yang bagus terhadap tim. Hal-hal tersebut merupakan syarat yang cukup mutlak untuk dimiliki oleh setiap pemain jika ingin dianggap sebagai seorang legenda pada tim.

Arsenal

Di klub Arsenal memiliki 7 sosok yang memiliki loyalitas mulai dari David O’Leary, Pat Rice, Lee Dixon, Cliff Bastin, Thierry Henry, Dennis Bergkamp dan Tony Adams. Masing-masing sosok tersebut sudah memiliki karir yang cukup lama di klub sepak bola Arsenal.

Manchester United

Pada klub Manchester United ada Paul Scholes yang sudah memenangkan 10 gelar Premier League dengan 2 Piala Eropa dan penghargaan lainnya yang sudah ia dapatkan. Paul Scholes berasal dari Inggris yang mendapatkan banyak pujian dari rekan dan pelatih dengan misinya tersebut. League memiliki kemampuan passing dan mencetak gol yang sangat bagus.

Barcelona

Berikutnya ada Carles Puyol dari klub Barcelona yang sudah bergabung dengan La Masia pada tahun 1995. Pemain sepak bola Puyol ini menjadi kapten ditahun 2004 dan sampai sekarang masih menjadi kapten.

Dengan klub Barcelona Puyol berhasil memenangkan lima gelar La Liga dan tiga trofi Liga Champions dengan namanya. Sedangan dengan Spanyol dia sudah menang dalam kejuaraan Eropa sebanyak 2 kali dan mendapatkan emas Piala Dunia.

Liverpool

Di klub Liverpool ada Jamie Carragher yang berhasil naik melalui sistem akademi pemain muda dan jajaran cadangan. Jamie ini salah satu pemain sepak bola terlama.

Barcelona

Untuk klub FC Barcelona terdapat Lionel Messi yang sudah empat kali menjadi pemenang dalam Ballon d’Or saat usianya 13 tahun. Messi dianggap salah satu pemain terbaik yang pernah ada.

Real Madrid

Iker Casillas yang ada di klub Real Madrid merupakan kapten yang paling sukses pada sejarah Spanyol. Casillas mendapatkan dua Piala Eropa dan Piala Dunia, selain itu Cassillas sudah memenangkan banyak gelar dan dianggap kiper terbaik yang pernah dimiliki Spanyol. Selain legenda atau pemain sepak bola paling loyal di atas tentunya masih banyak lagi pemain bola yang loyal lainnya.